-->
Jumat, 10 Oktober 2014

Cara Membuat dan Blender Bumbu Masak Dasar Sup Kuning Daging

Cara Membuat Bumbu Dasar Kuning - Kebetulan saya mendapatkan daging dari panitia Idul qurban dan ada keinginan untuk membuat Sup Daging Kuning (orang Bangka bilang "Lempah Kuning Daging Sapi"). Daging yang saya dapatkan sebanyak 2 kg. Daging saya bagi menjadi 2 bagian, 1 kg untuk saya proses menjadi Lempah Kuning ini dan 1 kg lagi mungkin nanti akan saya jadikan rendang. Semua bumbu saya proses dengan menggunakan blender dapur yang saya miliki untuk membuat masakan lempah kuning daging ini. Hanya butuh beberapa menit saya udah mencium aroma lezat dari masakan favorit kami. Karena sup ini tidak perlu ditumis maka saat memblender bumbu kita dapat mencampurkannya dengan sedikit air agar mata pisau berputar. Bagi saya cukup santai membuat masakan ini karena saya sudah terbiasa sedari ABG dulu. Karena di rumah saya memiliki blender bumbu maka sayang bila tidak dipergunakan dan tentunya membuat pekerjaan saya menjadi ringan dan lebih cepat. Bila ibu-ibu ingin mencoba masakan (resep) saya ini silakan untuk mencobanya. Mau tahu resepnya, yuk kita simak bersama apa saja bumbunya dan bagaimana proses memasaknya.

Blender-Bumbu-Masak

Daging sebanyak 1 kg kita potong kecil-kecil seperti dadu dahulu kurang lebih seukuran jempol, cuci bersih lalu rebus dengan air sebanyak 1 liter. Sembari mendidih dan daging lumayan empuk, kita blender bumbu seperti di bawah ini, yaitu;

Resep Bumbu Masak "Lempah Kuning" dan Cara Blender Bumbu

Berikut bahan-bahan yang kita siapkan. Bumbu masak "Lempah Kuning" Daging ini cukup mudah untuk membuatnya. Kita bisa menggunakan Blender Bumbu dengan melihat urutan etunjuk memasaknya serti tertera dalam penomoran.

A. Resep Bumbu Dasar Kuning yang diblender bersamaan
  • Cabe kecil 10 buah, kalau mau lebih pedas boleh tambah lagi,
  • Bawang merah: 8 buah,
  • Bawang putih: 6 buah,
  • Kunyit: 2 cm,
  • Lengkuas seukuran jempol.
B. Bumbu lain saat memasak nanti;
  • Asam Jawa 1/2 sendok makan,
  • Garam 3/4 sendok makan,
  • Penyedap rasa secukupnya,
  • Gula 1 sendok teh atau secukupnya,
  • Pucuk daun kedondong* (tidak musti)
Sekarang kita ke proses cara memasaknya
  • Bumbu pada bagian (A) kita blender dengan Blender dapur sampai cukup lumat dengan menambahkan sedikit air saat kita memblender.
  • Kita masukkan bumbu yang sudah diblender ini pada daging yang sedari tadi kita rebus, aduk dan biarkan terus mendidih.
  • Masukkan  bumbu bagian (B) dan aduk.
  • Bila daging sudah cukup empuk boleh diangkat dari kompor.
  • Siap disajikan untuk santapan makan siang anda sekeluarga.

Sekedar tips untuk anda tentang bumbu masak ini

Supaya warna kuning yang dihasilkan dari kunyit tidak berwarna kuning kemerahan, maka jangan berlebihan menggunakan cabe merah. Oleh sebab itu dalam resep ini saya tidak menggunakan cabe merah, ini agar warna sup lempah kuning daging sapi ini berwarna kuning alami yang dihasilkan oleh  kunyit.

Bumbu di atas bisa juga anda pergunakan untuk memasak Sup (Lempah) dari bahan ikan, rasanya sangat hmm, yummy.

Simak juga

Selamat mencoba

Share This :

Artikel Terkait :