-->
Rabu, 01 Oktober 2014

Membuat Bumbu Masak Sambal Cabe Enak dengan Blender

Membuat Bumbu Masak Cabe dengan Blender - Sambel atau sambal, hmm, lezat. Makan lebih enak dengan sambel apalagi sambel terasi. Walaupun cuma makan lalapan akan menambah lezat acara makan anda bersama keluarga. Menu hidangan yang terbuat dari cabe rawit dicampur dengan cabe besar ini akan enak bila menggunakan ulekan, namun kadang kita malas untuk menggunakan alat tradisional ini untuk menghaluskan bumbu dapur. Maka solusinya adalah menggunakan mesin blender bumbu. Ada banyak cara untuk membuat sambel baik dari aneka bumbu yang digunakan maupun cara pengolahannya. Saya mempunyai resep dan cara tersendiri untuk membuat sambel kesukaan saya yaitu Sambal Asem. Saya rasa anda memiliki resep tersendiri untuk membuat sambal asem ini, namun saya hanya menceritakan pengalaman saya tentang membuat menu hidangan ini dengan menggunakan fasilitas mesin, yaitu Blender. Kebetulan blender bumbu yang saya miliki adalah blender Philips.

Bumbu-bumbu sambal yang digiling dengan Blender

Saya biasanya menggunakan bumbu untuk sambal di bawah ini;
  • Cabe Kecil 6 butir
  • Cabe Merah 6 butir
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang Putih 3 siung
  • Bawang Bombay, diiris tipis 1 buah
  • Terasi 3/4 sendok makan
  • Asam Jawa 1/2 sendok makan
  • Gula Merah 1 sendok makan
  • Garam 1/4 sendok makan
  • Minyak kelapa untuk menumis, secukupnya
  • Minyak kelapa untuk memblender, 2 sendok makan.
  • Air 2 sendok makan untuk memblender
Sambal Enak dengan mesin Blender

Cara Menghaluskan Bumbu Masak Cabe dengan Blender bumbu

Berikut ini cara saya mengolah semua bumbu masak ini menggunakan mesin Blender bumbu. Tabung Blender yang digunakan adalah tabung untuk menggiling bumbu.
Cara yang saya lakukan adalah;
  • Patahkan cabe merah(cabe besar) menjadi 3 bagian, masukkan ke tabung blender
  • Lakukan pemblenderan ulang, tidak usah terlalu halus.
  • Masukkan cabe kecil ke tabung
  • Masukkan minyak kelapa 2 sendok makan
  • Blender bumbu di atas sampai lumayan halus. Gunakan Speed 1 saja
  • Matikan mesin blender, buka penutupnya,
  • Masukkan bawang merah, bawang putih dan terasi. 
  • Bersihkan/ rendam tabung blender sesegera mungkin agar tidak meninggalkan bau dan warna merah pada tabungnya.

Cara memasak bumbu

  1. Panasi minyak kelapa untuk menumis lalu masukkan bumbu dari tabung blender tadi ke wajan yang sudah hangat, aduk.
  2. Masukkan irisan bawang bombay dan gula merah
  3. Masukkan Asam Jawa dan garam yang sudah diseduh dengan air dingin.
  4. Aduk hingga cukup mengental. Angkat dari perapian.

Sedikit tips untuk anda bila bumbu yang anda blender tidak berputar pada mata pisaunya saat anda memblender, maka padamkan dulu mesin blender dan tepuk-tepuk kaca tabung bagian atas sampai bumbu turun ke arah mata pisau, lalu bender lagi. Dalam kondisi ini anda juga bisa menambahkan sedikit air, cuma menurut saya rasa sambel kurang enak bila terlalu banyak air.

Dari apa yang saya katakan pada paragrap di atas bahwa banyak variasi dalam hal membuat sambel. Mungkin ini adalah salah satu cara yang bisa kita coba yaitu, goreng semua bumbu dengan minyak kelapa, dinginkan sejenak lalu blender semua bumbu sampai lumayan halus, lalu siap disantap. Anda juga bisa menumis lagi bumbu ini bila suka.

Simak juga

Selamat berkreasi.

Share This :

Artikel Terkait :