-->
Kamis, 13 November 2014

Bumbu Masak Dapur Bisa Diblender

Tentu agak bingung menjawab pertanyaan ini tentang bahan-bahan dan bumbu dapur apa saja yang bisa dihaluskan dengan blender? Bagi ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya berada di dapur atau juga para juru masak di rumah makan sering menggunakan mesin untuk menggiling bumbu dapur, mereka tentu memahami fungsi blender dan cara memakainya. Seperti sudah saya uraikan dalam artikel saya sebelumnya bahwa mesin blender terdiri dari dua tabung yang masing-masing memiliki fungsi yang berlainan. Tabung agak besar adalah untuk melumatkan bahan-bahan lunak, sementara tabung yang agak kecil adalah untuk memblender bumbu dapur. Anda jangan mencercah rempah-rempah yang memiliki kepadatan yang keras pada tabung pembuat jus. 

Saat membuat jus buah kadang kita menggunakan es batu saat memblender. Saya sarankan untuk memasukkan es batu menjadi butiran-butiran kecil sebelum memblender di tabung jus. Sewaktu kita hendak memblender jus menggunakan batu es, langkah pertama adalah memasukkan terlebih dahulu buah atau sayuran lalu melumatkannnya sampai cukup halus kemudian masukkan butiran kecil batu es tadi. Keadaan ini membuat batu es terlihat mengapung, lalu lumatkan lagi es jus. Mengapa? Karena mata pisau akan cepat rusak bahkan membuat mesin penggerak berupa spul elektronik akan bekerja berat, alhasil akan cepat rusak. 

Mungkin anda mengalami saat memblender batu es terdengar hentakan cukup keras. Tidak hanya itu, saat kita hendak mencercah lengkuas pada tabung khusus bumbu ada juga terdengar suara hentakan ini. Oleh sebab itu potong-potong terlebih dahulu lengkuas sebelum dilumatkan dengan mesin ini. Kondisi ini juga akan membuat gear dan poros as magnit akan cepat rusak. Sekarang kita kembali pada apa yang menjadi pertanyaan dalam judul di atas.

Bumbu Masak yang bisa dihaluskan dengan Blender


#1 Cabe kering tanpa air

Saya pernah melihat chef Rudi Khairudin dalam sebuah acara memasak. Chef Rudi menerangkan cara membuat halus cabe kering tanpa menggunakan air ataupun minyak kelapa. Hasilnya cabe menjadi bubuk yang halus. Yang menjadi pertanyaannya adalah jenis blender apa yang dia gunakan. Mungkin dia menggunakan food processor Philips yang telah memiliki fasilitas yang sempurna. Kita tidak bisa menggunakan blender konvensional yang hanya bisa menghaluskan bumbu harus menggunakan air. Produk peralatan dapur tentu akan mengalami perkembangan agar memudahkan kita untuk bekerja. Jadi dalam hal ini saya menyarankan anda untuk melihat produk terbaru dari peralatan-peralatan rumah tangga serta fungsi dan failitas yang dapat memecahkan masalah kita. bila hendak membeli produk blender ada baiknya menanyakan pada penjual atau melihat brosur kegunaan alat ini. Pilihlah produk dari merek yamg memiliki fungsi yang modern.

#2 Kacang hijau sangrai

Kacang hijau yang saya maksudkan di sini adalah untuk membuat kue kering. Anda kenal kue satu? Ibuku menceritakan tentang resep cara membuat kue satu. Kacang hijau harus disangrai terlebih dahulu. Ibuku bilang bahwa ada temannya memblender kacang hijau sangrai ini menggunakan blender. Hasilnya cukup halus. Mungkin teman ibuku menggunakan blender dengan fasilitas terbaru. Bila anda mau melihat resep kue ini anda bisa lihat pada kolom di atas, di situ ada resep saya.

#3 Bumbu-bumbu tumisan

Bumbu tumisan yang saya maksudkan disini adalah bumbu yang biasa kita gunakan untuk menumis, seperti cabe, bawang, kunyit dan lainnya. Bumbu ini bisa kita blender dengan blender konvensional dengan menambahkan air untuk membantu perputaran mesinnya. Gunakan tabung grinder kecil khusus bumbu dalam menghancurkan bumbu di atas.

#4 Buah-buahan untuk Jus

Membuat jus lebih enak mengunakan es. Memblender buah-buahan kita gunakan blender khusus jus yang bertabung besar. Lhat paragrap di atas cara mencampurkannya dengan es.

#5 Beberapa jenis adonan kue

Mungkin tak terpikirkan oleh anda apa betul bisa membuat adonan kue dengan menggunakan sistem pemblenderan. Saya sudah mencoba hal ini saat saya hendak membuat kue Martabak Bangka. Yang menjadi kendala adalah bentuk adonan anda, apakah itu menggunakan banyak air (cukup encer) atau merupakan jenis adonan yang padat? Jika adonan yang padat (sedikit air) maka anda jangan menggunakan blender, misalkan adonan kue donat. Adonan kue donat memiliki karakteristik yang padat, jadi jangan gunakan mesin ini untuk memiksingnya.


Produk dan merek Blender

Merek Blender Philips
Produk-produk online untuk peralatan rumah tangga bisa anda lihat di internet. Lihatlah kegunaan dan fasilitas yang ditawarkan. Kita membeli alat atau mesin adalah untuk memudahkan pekerjaan kita. Saya tidak mau memaksa anda untuk membeli merek tertentu. Merek adalah pilihan anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah kegunaan alat ini.

Baca juga
Simak terus artikel dalam situs saya ini, berikut saya mempunyai ide pribadi tentang membuat bubur dari nasi menggunakan blender. Resep yang mudah.
Oke sampai jumpa.

Share This :

Artikel Terkait :