-->
Kamis, 13 November 2014

Blender Makanan Bayi - Resep Bubur Simpel untuk Balita

Blender Makanan untuk Bayi

Bayi di bawah lima tahun (Balita) memerlukan asupan gizi dan karbohidrat selain ASI. Kita tidak musti membeli makanan bayi dalam bentuk kamasan tertentu seperti yang disarankan oleh Dokter. Namun lebih baik kalau kita sendiri yang meracik makanan untuk anak kita. Ada rasa kasih sayang yang tulus dari seorang ibu bila memasak sendiri makanan putra putrinya. Lalu bagaimanakah cara pengolahan bubur blender untuk makan bayi ini. Makanan tentu akan lebih higienis dari pada kita membeli bubur yang dijual oleh pedagang keliling.

Resep Bubur Simpel untuk Balita 

Kali ini saya ingin berbagi info untuk anda tentang membuat bubur bayi dengan menggunakan fasilitas mesin blender berikut resep dan cara membuatnya. Resep makanan bayi ini cukup sederhana (simpel). Ini merupakan ide saya saat berada di dapur. Saya rasa ini cukup unik dan tentu akan membuat anda sedikit heran. Kita sebut saja topik ini dengan nama "bubur nasi blender".

Adonan kue dengan menggunakan blender
Hasil Adonan Kue

Apa bisa mesin blender ini menghaluskan nasi, bagaimana caranya?

cara memakai blender
Ini terinspirasi dari cara membuat adonan kue dengan alat blender. Saya mencoba menggiling nasi yang ditambah air hangat lalu memblendernya, hasilnya cukup halus (tergantung speed dan timing penggilingan). Tinggal anda yang meraciknya dengan bumbu yang lain, misalkan ditambah dengan sayuran segar. Bila ingin menambahkan telur boleh saja namun jangan diblender. Telur (kuning telur) tanpa cangkang kita rebus dengan sedikit air lalu kocok dengan garpu saat berada di wajan. Atau bisa juga telur bisa direbus setengah matang, saat meletakkan bubur nasi blender di piring lalu kita taburi dengan kuning telur setengah matang tadi.

Tabung Blender

Blender bukan hanya untuk membuat jus dan mencercah bumbu dapur saja. Kita bisa juga melumatkan nasi sehingga menjadi halus, tentu harus ditambah dengan air, lebih bagus air hangat. Bila kita membuat bubur tentu memakan waktu yang cukup lama. Kenapa kita tidak memakai nasi untuk makanan bayi kita. Tentu harus dihaluskan terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa tabung blender harus dalam keadaan steril, cuci dengan air hangat. Jangan gunakan tabung blender untuk bumbu karena aroma pedas cabe dan aroma bawang tentu akan kurang baik pada Balita kita. Maka memblender nasi bubur ini menggunakan tabung blender untuk Jus.

Resep sederhana bubur nasi blender

Siapkan blender dengan tabung yang sudah bersih
  • Nasi : +/- 2 sendok makan
  • Sayuran, misalkan daun bayam, secukupnya.
  • Air hangat 2 sendok makan
  • Sedikit garam
  • Bila suka tambahkan hati ayam yang sudah digoreng)*

Cara memakai blender untuk membuat makanan bubur bayi simpel

Bila tabung blender sudah bersih maka anda dapat melanjutkan proses pembuatan bubur nasi ini. berikut  ini cara memakai blender untuk membuat bubur bayi. Masukkan dalam tabung blender yaitu 2 sendok nasi, garam, dan sayuran, (atau juga hati ayam)*. Atur putaran pada speed satu (hanya beberapa detik saja). Bila terlihat sudah cukup halus matikan mesin. Coba anda cicipi terlebih dahulu apakah masih ada butiran nasi yang masih kasar. Bila terasa sudah OK maka tuangkan nasi halus ini dalam mangkuk. Bubur nasi blender kini siap disuap pada bayi kita.

Baca juga
Selamat mencoba.

Share This :

Artikel Terkait :