-->
Rabu, 07 Agustus 2013

Tips Menghaluskan Bumbu Menggunakan Blender - Fungsi Blender

Hallo ibu-ibu dan remaja putri yang suka masak, kali ini saya ingin berbagi tips menarik tentang masak. Saya lelaki namun juga suka masak. Tapi tak masalah kalau saya ingin berbagi tips tentang resep menghaluskan bumbu menggunakan blender bumbu dapur. Tentu anda akan merasa capek dan bosan kalau menghaluskan bumbu mengunakan peralatan tradisional seperti codet atau ulekan. Untuk apa membeli blender kalau tak digunakan.

Halaman ini juga berisi tentang resep menarik yang semua pengolahan bumbunya menggunakan blender bumbu. Bila suka anda dapat mencobanya.

Pengertian dan Prinsip Kerja Perlatan Dapur berupa Blender dan Fungsinya

Tentu ibu-ibu sudah mengenal dan menggunakan peralatan dapur berupa Blender ini dan tentu juga mengetahu untuk apa fungsinya. Berikut ini kita akan membahas pengertian blender. Biasanya blender terdiri dari dua mangkuk atau tabung penggilingan. Yang agak besar biasanya digunakan untuk memblender buah-buah untuk dijadikan Juice, dan tabung yang kecil untuk memblender bumbu dapur. Oh ya, jangan dicampuradukkan antara penggunaan untuk juice dan untuk bumbu, jadi saat anda membuat juice aroma bawang dan pedasnya cabe tidak melekat pada juice alpokat anda yang lezat. Untuk memblender bumbu biasanya mangkuk/ tabung akan terpasang terbalik, sementara untuk memblender buah tutup mangkuk/ tabung blender terpasang ke arah atas.

Kadang saat masak saya terpikir kenapa aroma, dan rasa sedikit berbeda bila menggunakan codet dan menggunakan blender dapur. Kadang saat menumis bumbu hasil tumisan yang kita inginkan tak sesuai dengan saat kita menggunakan codet tradisional.

Kenapa ini terjadi?

Fungsi Blender Bumbu

Kita harus mengetahui apa peralatan dapur moderen dan juga harus mengetahui untuk apa fungsinya. Saat kita mem-blender bumbu tentu tak lepas menggunakan tambahan air saat mesin berputar, hal ini karena bumbu tak dapat berputar di mata pisau blender saat kita menghaluskan bumbu tersebut. Apabila anda akan menumis bumbu kering tanpa tambahan air, ini akan membuat rasa kecewa anda karena bentuk, citarasa dan aroma mengalami perubahan, ini disebabkan saat penghalusan bumbu menggunakan Blender anda sudah menambahkan air, otomatis tumisan akan berubah bentuk serta citarasanya. Tak masalah kalau bumbu yang dihaluskan tersebut menggunakan air atau bukan untuk ditumis melainkan menjadi sup atau masakan berkuah. Air akan menyebabkan bumbu menjadi seperti 'becek' atau mengental. Lalu bagaimana mengurangi masalah ini?
Tips Menghaluskan Bumbu Menggunakan Blender

Tips

Tipsnya adalah saat kita menghaluskan bumbu menggunakan blender dan bumbu tersebut adalah untuk tumisan, misal; 'tumis ikan pedas kering', saran saya adalah gunakan buah tomat saat memblender dan tanpa menggunakan  air. Tomat memberikan rasa asam yang enak, cocok untuk tumisan kering. Namun kalau anda tak suka menggunakan tomat, saya pernah mencoba menggunakan minyak kelapa saat memblender tanpa air sedikitpun, hasil yang didapat tidak jauh berbeda saat saya menggunakan codet/ulekan untuk penghalusan bumbu, apalagi bumbu lebih halus. Caranya adalah campurkan minyak kelapa sebanyak 2 sendok makan saat memblender bumbu. Namun ada baiknya jangan terlalu halus saat memblender bumbu untuk tumisan kering, supaya lebih terlihat alami. Oke, Bumbu siap ditumis.

Untuk ibu-ibu yang ingin melihat hasil masakan yang bumbunya menggunakan blender yang saya buat, silakan mencoba masakan yang saya buat di sini.

Ssimak juga :  Penghalus Bumbu Cabe dengan Blender untuk Masak Tumisan

Oke, semoga bermanfaat. Selamat mencoba. 

Share This :

Artikel Terkait :