-->
Kamis, 07 Agustus 2014

Penghalus Bumbu Cabe dengan Blender untuk Masak Tumisan

Penghalus Bumbu - Untuk ibu-ibu atau remaja putri yang selalu ingin memberikan santapan yang lezat untuk keluarga tentu akan merasa kesal dan capek atau pegal bila berhadapan pada masalah pengolahan bumbu, maka mereka menggunakan penghalus bumbu. Anda akan merasa malas untuk menghaluskan bumbu seperti cabai dan lengkuas dengan menggunakan ulekan/ codet. Kadang kondisi ingin cepat saji dalam menyelesaikan masakan anda. Sebenarnya masakan akan terasa lebih enak bila menggunakan codet dari pada menggunakan blender.

Memblender Bumbu Cabe

Kenapa masakan kurang sedap bila menggunakan blender bumbu? Ini karena pengaruh air yang sudah mengencerkan bumbu sebelum ditumis. Tumisan yang menggunakan air akan mengurangi cita rasa bumbu alami. Tak masalah bila bumbu yang dihaluskan tersebut bukan untuk tumisan melainkan berupa rebusan. Saat kita menumis kangkung misalnya, rasa tumisan kangkung akan terasa gurih bila tidak menggunakan tambahan air. Biarlah air itu berasal dari cairan alami di daun atau batang kangkung, tanpa kita menambahan air saat menumis. Bila anda menyukai tumisan menggunakan buah tomat maka ini bisa menjadi media pengencer saat roda gear blender berputar, jadi tanpa menggunakan air. Anda bisa memasukan seluruh bumbu yang akan diblender beserta buah tomat yang sudah diiris.

Cara Memblender dan Memasak Bumbu

Saya mengalami hal yang sama, walupun saya seorang pria yang cukup bertenaga dalam mengulek bumbu, namun terasa malas dan pegal bila menggunakan codek  Saya pun ingin praktis dan cepat dalam proses memasak. Namun saya juga harus mempertimbangkan rasa yang alami pada masakan yang saya tumis. Terus terang saya sangat suka pada masakan yang ditumis. Saat memblender bumbu biasanya saya menggunakan minyak kelapa sebagai media pengencer bumbu agar gear (gigi) penggerak dapat berputar dalam  menghancurkan bumbu. Perlu anda ketahui bahwa saya menggunakan blender standar/ umum. Sekarang ini sudah tersedia blender dengan fasilitas yang hebat. Namun hanya inilah yang kita punya, blender standar.

Memblender Cabai untuk Tumisan

Untuk mendapatkan cita rasa dan warna alami pada masakan terutama saat proses memblender cabai dan bumbu lainnya, saya biasanya melakukan tahap-tahap berikut ini.
  1. Cuci semua bumbu dengan air bersih.
  2. Tiriskan bumbu-bumbu tersebut.
  3. Pisahkan bumbu yang agak keras seperti lengkuas, kunyit, jahe, dan cabai.
  4. Blender bumbu yang keras ini (3) dengan dicampur dua sendok minyak kelapa dan satu sendok air. Blender sampai lumayan halus. Bila anda menggunakan buah tomat tidak perlu menggunakan air dan minyak kelapa tersebut.
  5. Masukan bumbu yang lunak seperti bawang merah, bawang putih, dan atau bubuk merica. Blender sejenak dan tak usah terlalu halus.
  6. Tumis bumbu dan masukkan sayuran atau daging yang akan dimasak.
Ini adalah pengalaman saya selaku chef rumahan yang sering meracik bumbu dapur untuk masakan yang sangat disukai kelurga saya. Terkadang anak saya menyuruh saya untuk membuatkan masakan favorit mereka. Agar cepat saji maka saya menyuruh mereka untuk membantu saya dalam mengupas bumbu, menyiangi sayuran, dan  saya menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu. Sementara istri saya pun ikut membantu dan persiapan memasak. 

Saat memasak ada baiknya menutup kepala dengan penutup kepala ala koki atau penutup kepala lainnya yang berfungsi agar rambut tidak jatuh pada masakan anda.

Ssimak juga :
Oke semoga tidak mengecewakan ibu-ibu semua dan selamat mencoba.

Share This :

Artikel Terkait :