-->
Jumat, 22 Agustus 2014

Merawat Peralatan Dapur Blender Bumbu Philips

Peralatan Dapur dan Fungsinya serta Perawatan

Blender Philips - Sekarang ini orang ingin cepat dalam proses memasak, maka untuk melumatkan bumbu dan buah, orang sudah  menggunakan peralatan dapur menggunakan listrik seperti blender bumbu dan mixer. Fungsi kedua alat ini hampir sama, namun mixer hanya untuk mencampurkan dan menghaluskan bahan makanan yang lunak seperti tepung, telur dan mentega. Sementara blender bumbu dapur bisa menghaluskan dan mencampurkan bahan makanan yang cukup keras seperti bijian yang terdapat di cabe, malahan blender bisa melunakkan batu es menjadi butiran yang cukup halus. kini ada juga produk yang mengeluarkan mesin untuk melumatkan daging, yaitu Blender daging.

Blender Philips untuk membuat Jus atau Juicer

Rata-rata penjual es jus menggunakan Blender Philips yang terkenal sejak dahulu. Selain kuat dan tahan lama dalam penggunaan, peralatan dapur ini multi fungsi karena terdiri dari dua tabung.
Coba lihat pedagang jus alpokat, mereka akan mencampurkan buah alpokat beserta batu es, hasilnya kita menikmati es jus alpokat yang sedap. Biasanya, pabrik menyediakan dua buah tabung berikut mata pisaunya, dan masing-masing mata pisau tidak bisa direkatkan dengan tabung yang berbeda. Dengan kata lain setiap tabung memiliki pasangan tersendiri dan anda tidak bisa menukar posisi dudukan mata pisau dengan tabung yang berbeda. Permukaan tabung untuk Jus/ bahan lunak arah lubang menghadap ke atas dan lebih besar, sementara untuk tabung bumbu dapur lebih kecil dan permukaan tabung menghadap ke bawah, berbanding terbalik.

Blender-Philips

Mungkin anda pernah mengalami permasalahan pada alat Blender anda dan anda tentu bertanya-tanya bagaimana merawat barang ini.

Bagian Body Motorik Blender

Bila anda melakukan pemblenderan bumbu yang banyak (misalkan untuk pesta), coba lakukan dengan cara memblender bumbu tertentu terlebih dahulu, misalkan pemblenderan pertama khusus cabe, lakukan sampai selesai untuk bumbu cabe tersebut. Kemudian khusus bawang merah, terus ke bawang putih, dan seterusnya. Namun dalam hal ini harus ada pertimbangan anda tentang perbandingan antara masing-masing bumbu tersebut. Sebelum bumbu-bumbu tersebut dilumatkan maka anda harus menimbang masing-masing bumbu tersebut. Misalkan untuk membuat Rendang dibutuhkan 500 ons cabe, 160 ons bawang dan lainnya. Pisahkan bumbu yang sudah ditimbang itu lalu anda bisa memblendernya satu-persatu dan pertahap. Saat memasaklah bumbu itu tercampur semua.

Permasalahan lain adalah tidak perlu menggunakan SPEED yang tinggi dan tempo puatan yang lama untuk memblender bumbu atau buah jus. Cukup beberapa detik saja. Makanya tabung berwarna bening agar kita bisa melihat proses pelumatan. Sekiranya bila bumbu atau jus sudah cukup halus lalu segera padamkan. Saya biasanya menggunakan Selektor SPEED manual atau PUSH ON, bukan berada  di posisi Selector 1,2 atau3 bahkan sampai pada speed 4 dan 5.

Spesifikasi Peralatan dan Cara Kerja Blender Philips

Agar tetap bisa terus digunakan maka blender harus dirawat. Cara perawatannya perlu pengetahuan khusus. Anda hanya boleh mencuci bagian tabung blender berikut dudukan mata pisaunya. Anda jangan mencuci bagian casing MOTORIK, cukup dilap dengan kain agak lembab untuk membersihkan tumpahan jus atau bumbu yang menempel di body bagian motorik tersebut. Salah satu perawatan sederhana untuk keawetan blender anda, maka ada baiknya tidak memasukkan bumbu terlalu banyak ke dalam tabung penggilingan blender, apalagi saat anda memblender bumbu keras seperti cabe dan lengkuas, paling tidak setengah bagian dari tabung blender.

Aksessoris pedukung Blender Philips

Di sini kita tidak membahas tentang segi tehnik dalam mesin blender merk Philips namun kita membahas penggunaan secara umum dan peralatan apa saja di dalamnya. Blender dapur adalah peralatan listrik yang menggunakan sifat motorik listrik. Motorik listrik ini terdiri dari kumparan dan inti besi yang akan memberikan efek magnetik sehingga menimbulkan putaran yang cukup kencang.

Gambar 1
Dudukan Mata Pisau Jus (kanan) dan Bumbu (kiri)
Dudukan Mata Pisau Blender untuk Jus dan Bumbu

Gambar 2
Dudukan Mata Pisau dan Tabung untuk Bumbu Blender merk Philips lama
Dudukan Mata Pisau dan Tabung Bumbu Blender

Gambar 3
Dudukan Gear Mata Pisau Blender merk Philips
Dudukan Gear Mata Pisau Blender Bumbu

Gambar 4
Dudukan Gear Motorik Mesin Blender
Dudukan Gear Motorik Blender

Putaran pada batang besi yang berputar ini kemudian dihubungkan dengan gear yang terbuat dari campuran plastik dan karet. Poros as dilapisi SEAL yang anti aliran air/ bocor sehingga tidak merembes ke bagian motor listrik. Sementara itu di bagian tabung juga dilengkapi Roda Gear penghubung terbuat dari plastik-karet ini.

Gambar 5
Eject Swicth pada Mototrik Blender
Eject Swicth Pada Mototrik Blender

Pada merek tertentu terdapat EJECT SWICTH (Knock Swicth) di bagian body motorik. Swicth ini akan bekerja apabila anda sudah menempatkan posisi dudukan mata pisau dengan benar di body motorik. Biasanya terdengar suara KLIK saat anda memutar/ memasukan  dudukan body mata pisau dengan body motorik. Jangan heran kalau mesin tidak bekerja kalau kita tidak menempatkan posisi dudukan mata pisau yang benar. Coba lihat warna kuning di dekat obeng pada gambar di atas

Permasalahan
Kendala kabel listrik
Selector dan Stop Kontak Listrik pada Blender

Mungkin anda bertanya kenapa blender tidak mau berputar? Belum tentu peralatan ini rusak. Dahulu saya pernah menjumpai permasalahan ini tatkala ada seorang ibu yang minta diperbaiki blendernya. Lalu aku chek dan ternyata dalam kondisi bagus dan berputar dengan baik. Lalu aku bilang pada ibu tersebut apakah dia sudah memasang dengan benar Dudukan Mata Pisau dengan Dudukan Motorik, karena di dalamnya dilengkapi dengan saklar kecil yang berfungsi sebagai Eject Swicth. Sebelum anda memblender Jus kesukaan anda atau bumbu masakan anda, lakukan tahapan berikut ini:
  • Pastikan listrik anda dalam kondisi menyala. Anda bisa melihatnya dengan cara mencolokkan terminal listrik dengan peralatan lain seperti cas ponsel anda. Kalau menyala itu artinya Oke.
  • Pastikan stop kontak blender dipasang dengan benar pada terminal listrik rumah anda.
  • Sebelum bumbu dimasukkan, coba putar mata pisau, tak perlu takut karena pisau ini tidak tajam (anda bisa memutarnya dengan gagang pisau). Mata pisau harus berputar ringan. Ini artinya aman bagi bagian Kumparan Motorik (spul)
  • Masukkan bumbu dengan menambah sedikit air dan minyak kelapa.
  • Pasang atau putar dengan benar Dudukan Mata Pisau dengan dudukan Motorik.
  • Putar Swicth Selector dengan speed minimal  dan jangan terlalu lama berputar.
  • Jangan biarkan bumbu yang diblender terhenti/ macet dalam kondisi ON yang mungkin disebabkan terlalu banyaknya bumbu yang anda masukkan atau terlalu kerasnya bahan bumbu. Bila terjadi dengungan kurangi kapasitas bumbu dan putar dengan sendok sebelum dihidupkan lagi. INi akan berakibat fatal bagi kumparan magnetik(spul)
  • Beri tenggang waktu beberapa saat antara penggilingan bumbu-bumbu yang banyak, misalkan untuk keperluan katering atau pesta. Ini akan mengistirahatkan/ mendinginkan spul motorik sebelum motor listrik bekerja lagi.
  • Sebelum terlanjur membeli blender, belilah produk ternama dan berkualitas.

Untuk perawatan blender, segera lakukan pencucian tabung dan dudukan mata pisau dengan air bersih, keringkan. Tempatkan bagian Motorik di tempat yang kering dan tidak terkena air. Untuk menghilangkan bau dan warna sisa bumbu atau membersihkan sela mata pisau, coba masukkan air ditambah sedikit sabun cair yang mengandung kadar jeruk nipis lalu hidupkan mesin blender beberapa detik saja.

Tulisan ini mungkin masih ada kekurangan dan kekeliruan, sebagai manusia biasa saya akan melakukan perbaikan yang berarti bagi kita semua. Semua foto yang ada di situs Blender ini adalah milik saya. Saya pernah menjadi montir/ Reparasi peralatan Rumah tangga, jadi saya cukup paham seluk-beluk mesin ini. Saya juga cukup bisa dalam hal memasak. Tulisan ini adalah murni dari otak saya, mohon tidak mengkopi paste dan mempublikasikan untuk keperluan situs komersil anda. Silakan Share dengan membawa  tautan URL saya untuk pengetahuan kita bersama
Simak juga

Terimakasih, Semoga bermafaat.

Share This :

Artikel Terkait :